Tips Supaya Baterai Awet

Smartphone tidak ada apa-apanya tanpa baterai. Namun sayangnya, baterai smartphone tidak bertahan lama. Hal ini tergantung dari pemakaiannya. Nah, supaya lebih tahan lama, terapkan cara ini:

Tips Supaya Baterai Awet
Tips Supaya Baterai Awet

Baterai pertama kali ditemukan pada tahun 1799, oleh fisikawan asal italia bernama Alexander Volta. Awalnya baterai merupakan tumpukan lapisan seng, air garam, karton, dan perak yang menghasilkan sumber listrik. Sayangnya baterai hanya dapat digunakan sekali. Kendati demikian, setelah melewati berbagai macam penelitian di temukanlah baterai modern yang dapat di rechargerable. Jadi lebih instan dan lebih mudah dalam penggunaanya.

Baterai modern yang dapat di rechagerable ini juga memiliki kapasitas daya terbatas. Dalam skala waktu penggunaan tertentu juga akan habis dayanya. Maka perlu charge ulang. Nah untuk meminimalisir charge berulang, berikut ini tips supaya baterai awet.

Tips Penggunaan Baterai Agar Tetap Awet

Setiap baterai mempunyai kapasitas tertentu. Sehingga ketahanan suatu baterai dalam alat electronik tidak bisa disama ratakan. Otomatis kita harus mengetahui sebesar apa dan setahan apa kapasitas dari suatu baterai dalam penggunaanya untuk perangkat kita. Berikut tips supaya baterai awet dan tahan lama, diantaranya:

  1. Gunakan smartphone dengan bijak

Setiap aplikasi yang terdapat di smartphone kita pasti membutuhkan daya. Jadi sebisa mungkin kita harus menggunakan setiap aplikasi yabg tersedia sesuai dengan kebutuhan kita. Jika sudah tidak digunakan lagi kita hanya perlu close dan refresh lagi.

  1. Hindari notifikasi berlebihan dengan menggunakan mode getar

Mode getar menjadi keunggulan dari suatu smartphone. Sehingga kita mengetahui setiap notifikasi yang masuk ke dalam handphone kita. Tetapi saya sarankan untuk tidak semua aplikasi diaktifkan notifikasinya, jadi hanya gunakan notifikasi ke aplikasi yang penting saja.

  1. Jangan charge handphone seharian penuh

Ini menjadi permasalahan fatal yang tidak kita sadari. Karena ketika baterai mendapat energi recharger belebihan itu akan membuat kapasitas baterai tidak menampung energi tersebut sehingga dapat membuat baterai tidak stabil selanjutnya.

  1. Jauhi aplikasi yang menampilkan banyak iklan

Masing -maaing aplikasi pasti mempunyai ukuran tertentu pada handphone kita, sehingga itu menjadi seberapa besarnya kebutuhan daya yang dibutuhkan dari baterai untuk aplikasi tersebut. Ditambah lagi jika aplikasi tersebut menampilkan banyak iklan akan memberikan tambahan daya tersendiri untuk pengambilan daya di dalam baterai.

Demikianlah sedikit tips supaya baterai awet, semoga bermanfaat dan selamat mencobanya!